Minggu, 16 Agustus 2015

17 Cara Menyenangkan Memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia

Banyak cara menyenangkan untuk menunjukkan kecintaan kita pada negeri. Beberapa hal hanya dapat dilakukan di hari ini, 17 Agustus 2015, dimana bangsa ini telah diberi kebebasan selama 70 tahun. Merdeka, kawanku, tunjukkan merdekamu!! 

Ini 17 cara yang Batik Pelangi temukan untuk memperingati dan menikmari hari kemerdekaan. Yang mana yang akan kamu lakukan?

1. Makan Makanan Daerah

Sumber: http://palembang.tribunnews.com/
Wah, yang ini fun banget, ya? Memperingati hari kemerdekaan itu gak muluk kok, cukup dengan pergi ke pasar tradisional di sekitarmu, carilah makanan tradisional yang belum pernah kamu coba, beli, foto, makan, dan postinglah di instagram, path, twitter ataupun facebook mu.

Jangan lupa ditambahin hashtag tentang kemerdekaan ya. Dengan tindakan simple itu kamu sudah mempromosikan makanan daerah, yang berarti akan lebih banyak orang yang beli, sehingga pembuat makanan itu bisa terus berjualan, akhirnya kamu telah melestarikan satu makanan khas daerah.

2. Menggunakan Kain khas Daerah

Sumber: http://www.kompasiana.com/
Ketika bule-bule ini dengan senangnya menggunakan batik, bagaimana dengan kamu? Sudahkah pakai batik hari ini?

Kain khas daerah bukan hanya batik, ada songket, ulos, dan tenun lainnya dari berbagai daerah di Indonesia.

Apa nama kain khas daerahmu? Tolong difotoin dan dishare ke kita-kita ya, agar kita lebih mengenal lagi keindahan aneka ragam budaya Indonesia tercinta ini.


3. Naik ke Puncak Gunung

Sumber: http://www.gilamotor.com/
Apa rasanya ya, upacara bendera di atas gunung? Gimana bentuk matahari terbit hari kemerdekaan dari puncak gunung?

Pastinya pengalaman yang luar biasa. Tapi jangan lupa, persiapkan fisik kamu sebelum mencoba hal ini. Mulailah dari rute pemula terlebih dahulu.

Jangan lupa banyak-banyak browsing agar semakin mengenal medan yang akan dihadapi. Nikmati perjalananmu, teman!!



4. Karaoke Menyanyikan Lagu Nasional & Pembangkit Nasionalisme

Sumber: http://www.merdeka.com/
Indonesia tanah air beta.. Pusaka abadi nan jaya.. Masih ingat Lagu Rayuan Pulau Kelapa yang syahdu banget itu? Pernahkah kalian nyanyiin waktu karaoke? Kenapa tidak? Ayo kita nyanyikan lagu-lagu nasionalis yang liriknya indah itu..

Atau bisa juga pilih song list lagu-lagu Pembangkin Nasionalisme seperti Bendera-nya Cokelat, Garuda di Dadaku-Nya Netral, Ayo Indonesia Bisa-Nya Sherina feat Ello, dan masih banyak lagi.

Mau lebih expert, rekam nyanyianmu ataupun permainan alat musikmu, putar di mobilmu agar temen-temenmu bisa dengerin juga, atau upload rekamanmu ke Youtube.

5. Belajar Tarian Daerah

Sumber: http://www.azamku.com/
Belum bisa maen alat musik dan ga pede sama suaramu? Kamu tetap bisa membantu melestarikan budaya. Apa nama tarian khas daerahmu?

Sudah tahu kan? Nah, sekarang cobalah browse tempat belajar tari di sekitarmu? Ga ada salahnya mencoba hal baru di akhir pekan, misalnya dengan belajar tarian daerah.

Tidak tahu tempat belajar tari di sekitarmu? Ada plan ke Bali dalam waktu dekat? Masukkan agenda belajar tarian legong seperti gambar di samping ini ke dalam perjalananmu.


6. Nikmati Diskon di Mall

Sumber: http://www.adadiskon.com/
Buka www.adadiskon.com dan kalian akan menemukan beragam diskon yang ditawarkan berbagai tenant di mall, mulai dari pakaian idaman, sampai es krim yang bikin ngeces.

Ini beberapa diskon yang menarik:
1. http://www.adadiskon.com/p/18651/Gramedia-Diskon-Kredit-Flazz-BCA
2. http://www.adadiskon.com/p/18631/Bakmi-GM-Paket-17845
3. http://www.adadiskon.com/p/18649/Leko-Kota-Kasablanka-Es-Degan
4. http://www.adadiskon.com/a/8582/Buy-1-Get-1-Free-Nonton-Cinemaxx-Agustus-2015
5. http://www.adadiskon.com/p/18629/Es-Teler-77-Diskon-Merdeka
6. http://www.adadiskon.com/p/18669/Kedai-Gentong-Kelapa-Gading-Diskon

Nikmati diskonnya, tapi jangan lupakan semangat kemerdekaannya. Merdeka berarti bebas. Bebas membeli, bebas memilih untuk berbagi.

7. Travelling ke Daerah Perbatasan

Sumber: https://www.tumblr.com/search/tanah%20air
Bagaimana rasanya berpindah negara dalam jarak kurang dari 5 menit? Itulah yang bisa temen-temen rasakan di daerah perbatasan.

Kalau kamu anti-mainstream, cobalah destinasi baru ini di hari kemerdekaan, pasti seru dan lebih menghayati betapa berharganya kemerdekaan yang kita miliki.

Jangan lupa, bersosialisasilah dengan masyarakat setempat. Banyak sekali godaan yang mereka hadapi untuk tetap memilih menjadi WNI. Kita bisa belajar dari mereka, ataupun menguatkan mereka untuk tetap menjadi WNI. Karena merekalah garda terdepan negara kita. Foto, tulis, dan post kan ceritamu, Bantu mereka untuk didengar.

8. Browsing Kisah Tokoh Inspiratif

Sumber: http://www.berdikarionline.com/editorial/20121107/
Pilih satu tokoh yang mengisnpirasimu, bisa pejuang kemerdekaan, bisa pahlawan nasional, bisa juga tokoh muda yang inspiratif, yang membela kemerdekaan dengan cara yang berbeda.

Inilah beberapa pahlawan masa kini:
1. Faye Simanjuntak, di usianya yang masih 13 tahun, Faye sudah mendirikan Yayasan Faye yang melindungi anak-anak korban perdagangan anak.
2. Masril Koto, yang membuat Bank Petani di Sumatera Barat.
3. Dan masih banyak lagi.


9.  Napak Tilas Kemerdekaan

Sumber: http://megapolitan.kompas.com/read/
Seperti yang dilakukan Pak Ahok dan Pak Djarot, kita pun bisa napak tilas kemerdekaan.

Rute yang mereka lalui dimulai dari Balai Kota, Gedung Pancasila di Pejambon, Gedung Djoang 45 di Menteng Raya, Museum Perumusan Naskah Proklamasi (Rumah Laksamana Maeda) di Imam Bonjol, Makam Ibu Fatmawati di TPU Karet Bivak, dan berakhir di Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat.

Ciptakan rutemu sendiri dan posting pengalamanmu di social media.

10. Satu Hari Serba Indonesia

Sumber: http://archive.kaskus.co.id/thread/15068132/0/
Tanpa kita sadari, sekeliling kita, maupun di diri kita sendiri, ada banyak sekali pengaruh luar. Coba saja buka, soc-med kamu, perhatikan bahasa yang digunakan, makanan yang di posting, baju yang dipakai.

Kita akan menjumpai bahasa asing, makanan asing, dan produk luar yang sering kita gunakan. Hal itu tidak terhindarkan mengingat pengaruh globalisasi yang begitu pesat. Tapi, jangan lupakan produk negeri kita sendiri, bahasa kita sendiri. Mari satu hari ini, kita gunakan Bahasa Indonesia di semua soc-med kita, Makan makanan tradisional, dan Memakai Produk Lokal.

11. Mengikuti Perlombaan Kemerdekaan

Sumber: http://www.kaskus.co.id/thread/
Masih inget lomba ini? Menyenangkan sekali ya, ikut lomba makan kerupuk jaman kita kecil dulu.

Selain itu, masih banyak lomba lain seperti panjat pinang, balap karung, tarik tambang, bakiak, dan lain-lain.

Apakah di sekitar tempat tinggal temen-temen masih ada lomba seperti ini? Jika ada, ikutilah, nikmati keseruannya.

Kalau tidak ada, ya buat sendiri. Panggil saudara dan teman yang punya anak kecil, buat perlombaan seru ini di halaman belakang rumah. Dalam sekejap aura muda akan menyelimuti temen-temen.

12.  Masak Makanan khas Daerah

Sumber: http://www.tokomesin.com/
Pempek adalah makanan khas daerah asal saya, Palembang. Sampai saat ini saya masih belum bisa membuat pempek.

Hari ini saya akan browsing resep pempek dan coba membuatnya.

Bagaimana dengan temen-temen? Sudah tahu makanan khas daerahnya? Lezat kan? Ayo kita buat sendiri dan turunkan resepnya ke anak cucu kita,


13. Promosi Daerah Wisata Indonesia

Sumber: http://www.indonesiakaya.com/
Curug Cikaso yang indah ini ga jauh lho dari Jakarta, di Sukabumi, hanya beberapa jam saja dari Jakarta, bisa ditempuh dengan travel.

Banyak daerah wisata yang belum tersebar luas. Padahal indah-indah dan potensial untuk ditingkatkan. Ayo, kita bantu pemerintah. Ubek-ubek gallerymu.. cari lagi foto-foto narsis di tempat wisata dan post lagi di soc-med mu, lebih bagus lagi kalau ada caption dan dilengkapi dengan ceritanya.

Ayo jelajahi negeri tercinta ini!!



14. Berkunjung ke Rumah Pejuang

Sumber: http://mblusuk.com/hidup/
Apa ada rumah pejuang di sekitar tempat tinggal temen-temen?

Mereka sudah berjuang untuk hari ini, hari ke-70 tahun kemerdekaan ini, tapi kadang, tidak semuanya terperhatikan. Bagaimana mereka hidup sekarang? Terlebih untuk yang terluka akibat perang.

Kalau temen-temen tahu tempat mereka tinggal, ayo ajak temen-temen yang lain berkunjung, kadang, cukup berkunjung dan mendengarkan cerita perjuangan mereka sudah cukup membuat senyum merekah di wajah yang sudah penuh guratan halis itu. Dan tatapan mata mereka yang berkobar, sudah cukup untuk mengobarkan semangat muda kita untuk membangun negeri yang lebih baik, sesederhana hidup tanpa korupsi.

15. Belajar Bahasa Daerah

Sumber: http://www.antaranews.com/berita/247195/
Bahasa kita boleh satu, bahasa Indonesia, tapi jangan lupakan bahasa daerah masing-masing.

Mari kita pelajari mulai dari bahasa daerah kita, lalu tiap kali kita pergi travelling, mari kita coba mengenal bahasa daerah yang kita kunjungi.

Lebih banyak yang belajar, lebih mudah melestarikan bahasa daerah.




16. Belajar Alat Musik Daerah

Sumber: http://www.tripadvisor.com/
Saya kagum sekali menyaksikan performance dari Saung Angklung Mang Udjo. Bukan hanya karena harmonisasi suara merdu yang dihasilkan tiap angklung yang dipedang, tetapi betapa beruntungnya kita memiliki alat musik sederhana yang beragam.

Alat musik tradisional masih sedikit yang kita kenal, mungkin bisa dihitung dengan jari.

Hebat bukan ada tempat seperti Saung Angklung Mang Udjo, tapi kenapa belum ada Saung Rebana, Saung Sasando, dan alat musik lainnya? Ayo kita mulai kerjakan!!

17. Mendoakan Para Pahlawan dan Indonesia

Sumber: http://anggaramahendra.blogspot.com/2010/08/
"Mengheningkan cipta.. mulai.."

Kata-kata itulah yang sering kita dengarkan kala upacara dulu. Sampai sekarang, apakah kita sudah mengerti maknanya?

Sepertinya setelah membaca artikel ini kita ga perlu repot-repot melakukan poin 1-16, karena poin 17 ini adalah cara paling mudah untuk memperingati hari kemerdekaan.

Cukup berdoa sesuai kepercayaan temen-temen masing-masing. Mari kita doakan para pahlawan dan jangan lupa, doakan negeri kita ini. Entah apa yang akan terjadi ke depan. Tapi marilah kita doakan agar semuanya lebih baik. Negeri yang jujur, negeri yang peduli kebudayaannya, negeri yang ramah tamah dan bermoral baik, negeri yang cinta produk sendiri, negeri yang mau merdeka.

Dirgahayu Indonesia, Tanah Airku Tercinta!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar