Rabu, 22 Juli 2015

Jenis Batik Berdasarkan Teknik Pembuatannya

Ada beragam Batik yang beredar di pasaran, mulai dari yang paling murah, sampai yang paling mahal. Kenapa bisa terdapat gap yang begitu jauh? Bisa karena teknik pembuatannya, bahannya, maupun kelangkaannya. Kali ini Batik Pelangiku akan sharing sedikit mengenai jenis batik berdasarkan teknik pembuatannya, yaitu:

1. Batik Tulis

    Jenis batik ini adalah kualitas paling baik karena pembuatannya lebih detail, lama, dan kompleks dibanding batik cap. Alat yang digunakan adalah canting. Canting terbuat dari tembaga yang berbentuk seperti corong untuk menampung malam (lilin batik) dan mempunyai lubang pada salah satu sisinya yang berupa pipa kecil sebagai saluran keluarnya malam. Pada saat proses pembuatan batik, corong tersebut digoreskan pada kain untuk membentuk ragam hias batik pada permukaan kain. 
    Karena menggunakan canting, maka bentuk gambar atau desain batik tulis tidak ada pengulangan. Satu gambar dengan gambar lainnya tidak akan sama persis bentuk dan ukurannya.
    Gambar batik tulis tembus di kedua sisi kain, karena dilakukan batik juga di sisi sebaliknya. Hal ini juga yang membuat pengerjaan batik tulis lebih lama dan bernilai lebih tinggi.

2. Batik Cap

    Batik cap adalah batik yang dihasilkan dengan cara membasahi salah satu permukaan bagian cap dengan malam, yang kemudian dicapkan pada kain. Cap tersebut membentuk rangkaian motif atau corak. Motif atau coraknya bisa beragam dengan menggunakan banyak cap untuk satu kain. Cap sendiri adalah alat yang terbuat dari tembaga yang dibentuk sesuai dengan gambar atau motif yang dikehendaki.
    Gambar yang dihasilkan cap akan sama persis antara satu gambar dengan gambar lainnya, baik dari bentuk maupun ukuran. Karena harga cap cukup mahal, biasanya batik cap berupa pengulangan, beda dengan batik tulis yang bisa dikreasikan lebih luwes dengan satu alat saja.
    Batik cap hanya kuat di satu sisi kain, karena proses cap hanya dilakukan di satu sisi untuk mengejar banyaknya produksi sehingga harga kain bisa dijual lebih murah.


Batik Tulis dan Cap juga bisa dikombinasikan sehingga harganya tidak semahal Batik Tulis, tapi juga punya motif yang lebih detail dari batik cap.

Selain Batik Tulis dan Cap, di pasaran juga beredar "Batik" yang dijual lebih murah, biasa disebut Batik Printing. Jenis printing ini sebenarnya tidak bisa disebut batik, karena batik sendiri memiliki makna teknik pembuatan motif dengan menggunakan malam sebagai perintang warna. Batik Printing dibuat dengan menggunakan mesin untuk mencetak motif batik.

Apakah Batik Printing ini jelek? Secara kualitas pasti lebih baik Batik Tulis dan Cap, karena disitu semua proses dikerjakan handmade, memiliki sisi art, pewarnaan lebih baik, dan tentu lebih custom made. Tapi ada sisi baiknya juga dari Batik Printing ini. Dengan harga yang lebih murah, dia bisa dijangkau semua elemen masyarakat, sehingga pengenalan motif batik pun bisa sampai ke semua segmen, membuat pengetahuan tentang batik lebih mudah disebarkan.

    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar